Mengenai Saya

Foto Saya
masih belajar. kemarin belajar. sekarang belajar. dan esok pun belajar. mypassion in myblood

Kamis, 01 Desember 2011

Artikel tentang perkembangan teknologi komputer

TEKNOLOGI KOMPUTER



Teknologi semakin hari semakin mencengangkan. Pasalanya ada beberapa hal yang sangat membuat manusia semakin mudah dalam menjalankan kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan jasa teknologi. Kita sebut saja teknologi ini bernama komputer yang notabene telah hadir di hadapan manusia sekian tahun yang lampau.
Komputer sekarang tidak hanya digunakan sebagai perangkat untuk mengetik dan mengolah angka, tapi menjadi perangkat untuk mendengarkan musik, menikmati foto digital, berbicara sebagai perangkat teleponi, penunjuk arah menggunakan kemajuan teknologi GPS, menonton video, dan berbagai aktivitas lain yang tidak terbayangkan sama sekali.
Mereka yang menikmati semua kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini akan merasakan betapa menyenangkan dan nyamannya bisa bekerja di mana saja atau menikmati apa saja.
Terjangkaunya harga serta semakin canggih teknologi yang dihadirkan memang sepatutnya dinikmati oleh siapa saja. Produk terbaik kali ini memperkenalkan dalam berbagai bentuk kemajuan serta tren yang akan kita hadapi di masa mendatang.Salah satunya berupa,
NOTEBOOK
Sedikit berbeda dari personal komputer (PC), memilih notebook diperlukan lebih banyak pertimbangan. Di samping fungsinya, tingkat mobilitas dan kemampuan finansial pemakainya perlu dipertimbangkan.
Kini, notebook, laptop, atau komputer jinjing sudah bukan lagi barang istimewa. Para profesional berbagai bidang sudah menjadikan perangkat berteknologi canggih itu sebagai teman hidupnya. Di rumah, perjalanan, meja kerja, ruang meeting mereka selalu ditemani si buku elektronik ini.
Mahasiswa pun tak ketinggalan. Sebagian dari mereka sudah menganggapnya sebagai pengganti buku catatan biasa yang sudah ketinggalan zaman. Maka, notebook-lah yang kini mengisi tas kuliah mereka.
Dalam pengertian awam notebook tak ubahnya sebuah komputer atau personal computer (PC, komputer pribadi). Bedanya, dalam satu unit notebook bagian papan ketik, sistem unit, dan monitor dibuat menyatu. Bentuknya juga mirip buku, bisa dibuka-tutup layaknya membuka-tutup sebuah buku.
Agar bisa dijinjing dan dibawa ke mana-mana, perangkat ini dibuat berukuran mungil dan ringan bobotnya. Meski begitu, kemampuannya tak kalah dari PC biasa. Untuk alat kerja Johanes yang seorang manajer, koe. Sebagai perangkat hiburan bagi Windy yang punya hobi jalan-jalan juga sip. Dari buku elektronik ini kita memang bisa memperoleh berbagai bentuk hiburan, dari musik sampai film dari keping DVD. Semua notebook masa kini sudah punya spesifikasi multimedia.
Mobile atau menetap
Menurut Wisnuhardana, pengamat teknologi komputer, ada bermacam pilihan spesifikasi notebook. Wajar kalau dalam memilih spesifikasinya tak jarang muncul kebimbangan. Selain soal spesifikasi, kebimbangan biasanya juga muncul ketika kita melongok isi dompet. Bila terpaku pada pilihan spesifikasi notebook yang terbaru dan super canggih, bisa-bisa malah tidak jadi beli. Karena itu spesifikasi notebook perlu disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai. Ibarat membeli pakaian, mesti pas di badan, enak dikenakan, dan manis juga dipandang.
Bagi pebisnis macam Rudy Soedharnoto, misalnya, mungkin diperlukan notebook yang sistemnya cocok untuk menjalankan banyak aplikasi (seperti presentasi, grafik, database). Desain yang ramping dan bobot yang ringan juga perlu menjadi perhatiannya agar notebook pilihannya bisa ia pakai di rumah, kantor, dan di perjalanan. Harga notebook yang cocok bagi pria berkulit kuning ini banyak yang relatif mahal, karena teknologinya biasanya sudah lebih maju. Tapi yang harganya agaka miring juga ada. Yang pasti, buat orang macam Rudy, harga tentu bukan menjadi pertimbangan utama.
Sementara, bagi Henny Lestari yang mengendalikan usahanya dari rumah, notebook berbobot 4,5 kg tentu bukan masalah. Soalnya, ia jarang bepergian. Ukuran yang besar juga tak menjadi soal betul. Karena notebook-nya digunakan untuk membantu menjalankan bisnisnya, sama seperti Rudy, dia juga lebih leluasa memilih notebook yang harganya berapa pun.
Bagaimana dengan pekerja kreatif di bidang multimedia macam Anton Wahono dan Banu Nugroho yang penyuka game? Notebook yang cocok bagi mereka tentu yang performanya mumpuni seperti PC/desktop. Apalagi jika nantinya digunakan untuk membuat atau merancang web, mengedit film, sampai meramu lagu. Untuk keperluan bermain game bagi para gamer, juga diperlukan notebook seperti itu. Walaupun sekadar untuk bermain game, diperlukan notebook dengan prosesor bertenaga kuat, memori besar, tampilan grafik memadai, dan hardisk besar. Sebab, program yang dijalankan termasuk yang besar dan berat, memakan memori besar, serta butuh prosesor yang handal.
Pilihan notebook yang sedikit berbeda dilakukan Nelymurni, pelajar SMU kelas 1, atau mahasiswa seperti Anwar Wicaksono. karena status mereka yang pelajar dan mahasiswa, bujet atau angaran menjadi pertimbangan utama. Maklum, segala keperluan untuk pendidikan mereka masih tergantung pada orangtua. Karenanya, supaya notebook bisa terbeli, pastikan harga notebook pas dengan anggaran yang disediakan orangtua. Spesifikasinya cukup yang bisa menunjang kuliah. Ukurannya diusahakan yang mungil biar bisa masuk tas punggungnya.
Bagaimana dengan pilihan notebook buat pemakaian di rumah? Pengguna notebook rumahan biasanya memfungsikannya sebagai komputer sekunder. Biar bisa berkomputer di ruangan mana saja. Untuk keperluan seperti ini, ukuran dan bobot notebook tak jadi soal, karena tak dipakai saat sedang pergi jauh. Pilihan bisa jatuh pada notebook standar atau desknote. Sedangkan bagi pelancong yang tetap ingin menggunakan komputer, bisa dipilih notebook yang mungil dan ringan. Performa tinggi serta fitur padat mungkin bisa direlakan. Pokoknya, biar bisa dibawa ke mana-mana dan kapan saja.
Pilah-pilih komponen
Sering kita melihat notebook dengan merek terkenal yang sudah built-up. Tetapi ada pula notebook yang rakitan. “Soal kualitas, antara rakitan dan branded bisa dibilang tidak berbeda. Sebab, komponen yang ada di dalam notebook rakitan bisa sama, atau bahkan bisa lebih bagus tergantung pilihan konsumen,” ujar Wisnuhardana.
Perbedaan yang jelas ada pada harga dan keleluasaan untuk memilih komponen. Variasi isi komponen notebook rakitan bisa tak terbatas. Sebaliknya, isi komponen notebook bermerek alias built-up jelas sudah terbatas. “Harga notebook rakitan belum tentu lebih murah. Semuanya tergantung pada kualitas komponen yang tertanam di dalamnya,” jelas Wisnuhardana.
Taruh kata, kita memutuskan memilih notebook rakitan. Yang perlu dilakukan pertama kali yaitu memilih prosesornya. Kalau sekadar untuk keperluan mengetik atau urusan e-mail, prosesor berkecepatan ratusan MHz sudah cukup. Misalnya, prosesor Pentium I, Pentium II, atau Celeron. Tetapi kalau kebutuhannya lebih dari itu, seperti untuk membuat grafik, database, dan presentasi, diperlukan prosesor yang tenaganya lebih dari 1 GHz atau Pentium II ke atas.
Sekarang ada prosesor Core 2 Duo yang ditanam dalam motherboard notebook. Prosesor ini membuat harga notebook agak merambat naik. Menurut Wisnuhardana, kinerja prosesor Core 2 Duo lebih cepat. Soalnya, Core 2 Duo seperti memiliki dua “mesin” dalam satu prosesor. Jika dibandingkan, kinerja Core 2 Duo yang tenaganya kurang dari 1,8 GHz misalnya, bisa setara dengan Pentium 4 yang tenaganya 3,6 Ghz. Kelebihan Core 2 Duo akan terasa ketika kita melakukan multitasking, yakni menjalankan beberapa program sekaligus secara bersamaan. Prosesor ini cocok ditanam dalam notebook para gamer dan pekerja kreatif multimedia.
Selain prosesor, kapasitas memori juga perlu diperhatikan. Bagi pencinta game dan pengguna grafis atau multimedia, kapasitas memorinya perlu yang tambun. Kartu grafisnya juga butuh yang mumpuni. Misalnya, memori lebih dari 256 MB, sedangkan kartu grafisnya lebih dari 32 MB. Itu akan membuat kerja notebook jadi terasa cepat, tangkas, greget, dan nyaman.
Layar monitor notebook jenis matriks aktif (TFT) sangat disarankan. Layar jenis ini memungkinkan tampilan monitor jelas dari sudut pandang mana pun. Pebisnis yang kerap melakukan presentasi sangat disarankan memilih layar monitor jenis ini. Kalau bagi pemakai rumahan atau dipakai sendiri, layar matriks pasif dinilai sudah cukup.
Ukuran monitor notebook ada yang 13 inci sampai 15 inci ke atas. Plihan tergantung selera. Jika suka game dan menonton film, lebih nyaman dengan layar monitor berukuran 15 inci ke atas.
Untuk bisa memfungsikan notebook tentu diperlukan baterai. Terkadang baterai cadangan diperlukan, tergantung kebutuhan. Kalau notebook sering di-colok ke stop kontak listrik, baterai cadangan rasanya tidak diperlukan. Tetapi buat pelancong dan pebisnis yang kerap pergi ke luar kota, baterai cadangan dibutuhkan.
Terakhir, ketersediaan port alias colokan yang memadai diperlukan untuk menunjang pemakaian notebook. Karena itu, perlu dipastikan notebook memiliki port untuk setiap periferal atau alat multimedia yang digunakan, misalnya kamera, scanner, proyektor, printer, USB/flash disk, dan lainnya.
KOMPONEN UTAMA NOTEBOOK YANG HARUS DIPERHATIKAN

Seiring berjalannya teknologi, sudah mulai banyak komponen untuk notebook yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi selain bisa membuatnya menjadi lebih portable, suara yang dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.
Berikut ini adalah komponen yang wajib diperhatikan. Jika Anda tidak mengerti tentang teknik komputer, jangan khawatir, Saya mencoba menyajikannya dalam bahasan sesederhana mungkin.
1)     Processor
Processor adalah otaku tama sebuah komputer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh komputer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen paling utama yang wajib diperhatikan. Processor diukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka tersebut menentukan berapa cepat processor itu menangani instruksi dalam cycle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi bila processor Anda memiliki dua core, maka secara teori itu sama seperti menggunakan dua buah processor dalam satu komputer.
Saat ini, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis intel Core 2, baik extreme maupun Duo berada di paling atas dalam urusan performa, baru diikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Pada alamat situs Toms Hardware, Anda bisa melihat hasil komparasi antara kedua processor tersebut.
2)     Memory
Saat ingin membeli notebook, pasti kita ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaannya adalah “apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukp?” Cukp tidaknya kapasitas
memory, bisa diukur dari penggunaan OS dan jenis aplikasi yang annti akan dipakai. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkan memory minimal 512 MB.
Maka carilah notebook yang memiliki memory setidaknya 1 GB. Karena jika sistem mengalami kekurangan memory, ia akan memanfaatkan harddisk sebagai pengganti memory. Dan itu bisa memperlambat performat komputer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin bagus. Tidak seperti processor yang tidak bisa di-upgrade, memory pada laptop bisa ditambah kemudian hari.
3)     Harddisk
Saat ini, ada dua jenis media penyimpanan, yaitu harddisk dan SSD (Solid State Drive).
Bila bicara masalah keuunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk tradisional yang biasa kita pakai. Namun harga SSD saat ini masih sangat mahal, Oleh karena itu, notebook sekarang umumnya masih menggunakan harddisk.
Untuk kapasitasnya sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video, musik, dan foto, maka carilah harddisk berkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seandainya tidak besar pun tidak menjadi masalah, sebab saat ini sudah banyak harddisk portable berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu, harddisk juga bisa di-upgrade di kemudian hari.
4)     Video Card
Ada dua jenis video card yaitu integrated dan dedicated. Video card integrated adalah video card yang memory-nya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated menggunakan memory sendiri. Untuk performanya, jelas lebih bagus yang dedicated. Oleh karena itu video card dedicated lebih cocok dipakai untuk penggunaan game. Tapi bukan berarti yang integrated tidak bisa dipakai game. Tetap bisa cukup performanya akan loyo bila dipakai untuk menjalankan game-game berat. Di alamat situs Notebook Check, Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU.


TIPS PERAWATAN NOTE BOOK
Tidak seperti monitor pada umumnya, layar notebook memang mebutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra.
Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda manfaatkan.
- Selalu tutup notebook Anda jika tidak sedang digunakan. Jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook.
- Jangan pernah menyentuh layar notebook, apalagi dengan benda tajam.
- Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook.
- Saat notebook tertutup usahakan notebook tidak mengalami tekanan. Terutama jangan letakkan benda-benda berat di atas notebook yang tertutup.
- Jangan menutup notebook saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. Bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard bisa menjadi penyebab kerusakan layar.
- Jangan menutup notebook dengan cara membanting.
- Untuk membersihkan layar notebook, gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu.
- Jika sikat tidak cukup, gunakan kain lembut atau tisu yang dibasahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan.
- Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera.
Komputer Mikro (Personal Computer)
Personal Computer
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.
Pada awalnya, memory yang dimiliki oleh sebuah personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Tetapi dalam perkembangannya, banyak personal komputer yang kini memiliki memory hingga 8 ataupun 32 MB (Mega Byte). Komputer personal model Apple II merupakan pelopor dari kelahiran personal komputer yang ada pada saat sekarang.
Karena harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.
Jenis PC lainnya yang tengah populer pada saat ini adalah: note-book. Note-book menggunakan silikon chip yang sangat tipis yang merupakan lambang kemajuan teknologi. Komputer jenis ini mempunyai bentuk yang sangat kecil apabila dibanding dengan jenis komputer lainnya. Note-book biasanya dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan. Dengan demikian, komputer jenis ini sangat cocok digunakan bagi para pemakai yang sering berpergian.
Karena menggunakan monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display), note-book mempunyai bentuk yang sangat tipis. Disamping itu, note-book juga memiliki fasilitas disket ataupun hard-disk seperti hal-nya komputer PC pada umumnya. Internal memory yang dimiliki juga sangat besar, dimulai dari 4 MB yang kemudian bisa dikembangkan hingga 64 MB.

Komputer Mini
Komputer Mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-40.
Komputer Mainframe
Komputer Mainframe
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
Kecepatan kerja mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik (1 giga operations per-seconds = 1 GOPS). Kecepatan semacam ini sangatlah diperlukan, karena mainframe biasanya digunakan untuk memproses data-data yang mempunyai kapasitas sangat besar, dan disamping itu, mainframe biasanya juga digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai yang bekerja secara bersama-sama.
Suatu teknik atau cara yang memungkinkan banyak orang pada pelbagai terminal dapat meng-access pada satu komputer pada saat yang bersamaan, dikenal dengan time-sharing. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya kepada satu pemakai pada satu saat, dan kemudian dilanjutkan dengan pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakaian waktu antara satu pemakai dan lainnya tidaklah nampak secara jelas.
Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar